Rabu, 03 Juni 2009

Kuasa Yang Mengerjakan Mujizat Terdapat Di Dalam Iman Anda

Ada terdapat tujuh fakta tentang iman yang pasti dapat mengubah hidup anda
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." (Mat 21:21-22)

Fakta #1
IMAN MEMPUNYAI KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN YANG TIDAK TERBATAS
Yesus berulangkali melakukan penekanan bahwa kemungkinan-kemungkinan iman tidak tertutup atau habis kecuali ada sesuatu yang tidak beres dengan iman itu sendiri.

"Jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya." (Matius 8:13)

"Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kau kehendaki." (Matius 15:28)

"Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya." (Markus 9:23)

"Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan." (Ibrani 11:1)

Fakta #2
IMAN ADALAH SUATU KEYAKINAN BATIN
Iman yang riil seringkali menghasilkan suatu perasaan tertentu, namun iman itu sendiri bukanlah perasaan. Simplenya, anda dapat merasakan iman - tapi iman bukanlah perasaan!

Iman bukan berada dalam pikiran atau tubuh kita, melainkan ia termasuk di dalam roh kita. Dan sebenarnya diri kita yang sesungguhnya adalah roh hidup yang Allah hembuskan ke dalam tubuh kita. Iman adalah suatu bentuk kecakapan dari manusia riil, yaitu roh manusia yang berdiam di dalam seseorang.

Fakta #3
SEMUA ORANG MEMILIKI IMAN, TETAPI TIDAK SEMUA ORANG MEMAKAI IMAN MEREKA
Jika melihat fakta yang ada, semua orang memiliki iman (potensi iman). Kita semua mempunyai kesanggupan untuk percaya. Dalam kondisi ekstrem hal ini dapat dibuktikan bahwa seseorang yang memiliki ketakutan adalah bukti dari iman yang merusak, kalau suatu ketakutan tersebut membelenggu seseorang.
i
Takut dalam pengertian kewaspadaan diri atau peringatan batin tentang suatu bahaya yang nyata adalah sesuatu yang sah dan wajar. Tetapi jika ketakutan sudah sedemikian menguasai hidup seseorang dan menyiksa, itu berarti ada sesuatu yang tidak beres dalam diri kita.

Allah memberikan kepada kita iman - kesanggupan untuk percaya, agar anda boleh memakainya di dalam Dia dan dalam kuasa serta pemeliharaanNya. Allah berkehendak agar manusia hidup oleh kuasa dari iman yang berada dalam batinnya.

Fakta #4
IMAN HARUS DIBERI MAKAN SERTA DIKUATKAN
Setiap manusia memiliki kesanggupan iman, ada yang hanya menggunakannya sedikit, adapula yang mampu mengembangkannya sedemikian rupa sehingga ia menjadi kuat. Bagaimanapun hal itu, anda perlu senantiasa memberi makan iman anda - anda harus membangunnya dan melatihnya kuat.

TERDAPAT TIGA HAL YANG MEMBANGUN SERTA MENGEMBANGKAN IMAN
1. Merenungkan Firman Allah
Roma 10:17 mengatakan hal demikian: "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." Firman Allah adalah sumber makanan bagi iman seseorang.

2. Iman bertumbuh sementara kita hidup dalam Roh
Galatia 5:22 menyebutkan bahwa iman adalah sebagai buah-buah Roh, oleh karena itu jika kita hidup di dalam Roh dan berjalan setiap hari bersama Roh, iman kita akan bertumbuh menjadi semakin kuat.
Berdoa dan memuji serta mengucap syukur dan berwaspada di dalam Roh sungguh merupakan suatu cara yang jelas untuk membuat iman kita berkembang sebagai buah-buah Roh dalam hidup kita.

3. Iman berkembang melalui latihan dan penggunaan
Seperti halnya otot-otot tubuh yang akan berkembang melalui latihan dan pemakaian yang rutin, atau menjadi lemah bila tidak diaktifkan. Iman yang tidak aktif adalah iman yang mati, sementara iman yang hidup dapat bekerja.
i
Oleh karena itu sementara anda melakukan sesuatu - sementara iman anda bekerja, maka iman itu sendiri akan menjadi semakin kuat serta berkembang. Dia akan tumbuh subur jika dipraktekkan.

Fakta #5
BANYAK YANG SUDAH TERCAPAI MELALUI IMAN PENGGANTI
Dalam Alkitab, banyak tercatat mengenai iman pengganti - iman yang menggantikan iman orang lain. Banyak orang yang terselamatkan karena adanya orang lain yang telah percaya menggantikan mereka. Matius 8:5-13 mengatakan bahwa iman seorang penghulu laskar itulah yang telah menyembuhkan pegawainya yang sedang sakit di rumah.

Sebagai orang beriman, kita mempunyai kehormatan yang tinggi serta kesempatan khusus untuk memakai iman kita untuk menggantikan oran-orang yang tidak dapat percaya, khususnya orang-orang yang sangat dekat dengan kita.

Fakta #6
IMAN ANDA HARUS DILEPASKAN
Suatu bentuk iman hanya akan berlaku efektif jika ia sudah dilepaskan! Aliran listrik hanya akan mengalir bila telah terjadi kontak dengan saklar yang telah dinyalakan. Anda harus membuka hati serta membiarkan iman anda menyentuh kuasa Allah!

Fakta #7
MEMAKAI IMAN ANDA DALAM KUASA ALLAH MERUPAKAN SUATU HAL YANG DAPAT DIMENGERTI
Menggunakan iman anda adalah sesuatu hal yang nyata - bukan suatu keadaan yang dikhususkan bagi kalangan-kalangan tertentu yang dipandang sebagai orang saleh semata.

Hal memakai iman oleh kita anak-anak Allah dalam kuasa yang luar biasa untuk pemenuhan kebutuhan mereka sungguh merupakan suatu hal yang dapat dimengerti.

Pertama, Allah itu riil - maha hadir - maha kuasa, serta tidak berubah. Arahkan iman anda kepadaNya - serahkan diri anda kepadaNya!

Kedua, Yesus tetap sama, kemarin, hari ini, dan sampai selama-lamanya. Ia tetap Yesus yang mengasihani, menyelamatkan, mengampuni, menyembuhkan dan memerdekakan. Jika anda telah dilahirkan kembali, maka Roh Kristus ada dalam diri anda - percayalah!

Ketiga, Roh Kudus ada di sini. Dalam kuasa Roh itulah, maka pekerjaan Tuhan dilaksanakan masa kini.

Keempat, para malaikat ada di sini. Roh-roh jahat dapat saja menyerang serta menantang diri anda, tapi ingatlah.... ada lebih banyak malaikat daripada iblis! Terlebih iblis adalah pihak yang telah dikalahkan. Malaikat-malaikat senantiasa berada di dekat kita untuk memberikan semangat serta menguatkan kita dengan hadirat mereka. Anda dapat bertindak dengan santai serta menggunakan iman anda di dalamNya!

Kelima, Alkitab benar adanya. Jikalau tidak demikian, kita tidak dapat percaya pada siapapun dan apapun. Alkitab adalah kebenaran yang sejati! Ini adalah Firman Allah yang hidup - ditunjang dan dibela oleh surga - dijamin oleh tempat kekuasaan tertinggi dalam alam semesta. Sebab Allah hidup, maka Alkitab pun hidup. Ia adalah wahtu dari Allah tentang diriNya sendiri kepada umat manusia.
i
(Leo Harris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar