Kamis, 04 Juni 2009

Intisari Iman

Ada satu sisi kekristenan yang umumnya tidak dipertimbangkan! Sesungguhnya ini bukan suatu sisi, melainkan pusatnya! Ia adalah inti - pokok dari iman kristen. Singkirkan inti ini, maka keseluruhan bangunan akan runtuh!
i
Tanpa inti ini, tidak ada isi pokok pada kekristenan - tidak ada sesuatupun yang dapat diresapi. Iman menjadi tidak nyata, tidak dapat berfungsi, mengambang. Barangkali lebih baik memeluk agama apa saja, atau bahkan tidak sama sekali!

Kuasa yang menebus berada pada inti dari iman kristen. Inilah yang membuatnya berlaku! Kuasa dari Allah - kuasa supranatural, bekerja di dalam dan melalui manusia. Injil sungguh-sungguh sebuah dinamit! Ia dapat membuat seseorang terlahir kembali.

Setiap hari orang mencoba membalik halaman baru, menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk. Itulah pembaharuan, yang terbaik yang dapat dilakukan seseorang terhadap dirinya. Namun hal itu saja tidaklah cukup bagi kekristenan.

Penebusan adalah kuasa Allah - yang mengubah manusia!

Yesus Kristus tidak memperbaiki sifat lama atau mengerjakannya kembali. Ia menciptakan sifat baru dan membuat manusia baru! Sungguh-sungguh suatu kelahiran baru. Kristus masuk pada akar kesukaran itu, yaitu sifat manusia itu sendiri.

Inilah hal yang luar biasa tentang penebusan! Ia mengambil rongsokan, kegagalan, dosa masa lalu, dan menghapuskannya begitu saja seolah-olah hal tersebut tidak pernah ada. Membuat suatu awalan baru yang menyegarkan!

Bahkan jikalau seseorang mulai menjalani suatu hidup yang sempurna - tidak pernah lagi melakukan suatu kesalahan ataupun dosa, ia masih mempunyai masa lalu yang mengganggunya. Kehidupan baik di masa depan TIDAK AKAN PERNAH dapat menghapus hutang di masa lalu.

Sekedar berjanji pada sebuah bank untuk tidak lagi berhutang kepadanya di masa depan, tidak akan pernah dapat menghapuskan hutang-hutang yang telah terbuat di masa lalu. Mereka semua tetap harus dibayarkan!

Usaha manusia pada pembaharuan, walaupun nampak berhasil namun secara tragis masih belum cukup untuk pemecahan yang sebenarnya. Tetapi tidak demikian halnya dengan penebusan!

Ketika Kristus mati di kayu salib, Ia membayar tanggungan pembenaran terhadap dosa umat manusia. Tidak hanya cukup untuk seluruh kebutuhan manusia pada saat ini dan masa yang akan datang. Hal tersebut jauh lebih memadai untuk menutup seluruh kesalahan masa lalu - menghapuskan hutang-hutang!

Seakan-akan seseorang pergi ke bank dimana anda mempunyai sebuah rekening dan menyimpan uang sebesar USD$ 100 milyar (atau bahkan lebih) ke dalam rekening anda tadi. Jelas hal tersebut menyelesaikan hutang masa lalu serta memberikan jaminan yang cukup untuk kebutuhan-kebutuhan masa depan. Itulah caranya anugerah Allah bekerja. Sepertinya sangat luar biasa, namun ternyata benar!

Ini adalah arti sepenuhnya dari Alkitab, arti dari hidup - kematian - serta kebangkitan Kristus. Arti sepenuhnya dari Injil. Namun, banyak orang yang menolaknya! Mengapa?

Inilah berita terbaik yang seseorang dapat terima .....

"Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darahNya" (Roma 3:23-25a)

(Richard C. Halverson)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar